A. WWW
WWW atau World Wide Web merupakan
kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk
menyediakan data dan informasi yang dapat digunakan bersama-sama. WWW adalah
bagian yang paling menarik dari Internet, dimana para pengguna dapat mengakses
informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa
gambar, suara, video maupun animasi.
WWW adalah suatu program yang
ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya beliau hanya ingin
menemukan cara bagaimana untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau
mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi dimana Sistem itu adalah
program peranti lunak yang diberi nama Enquire.
WWW pertama kali dikembangkan di
Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN) Jenewa Swiss. Pada tahun 1989
Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian
pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah dapat dijalankan dalam
lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara
luas pada jaringan Internet.
Jaringan server-server berperan
sebagai tulang punggung (backbone) untuk World Wide Web. Hypertext Transfer
Protocol (HTTP) digunakan untuk mengakses web. Web browser mengirim permintaan
(request) untuk mendapatkan suatu halaman tertentu kepada web server, yang
kemudian membalas dengan halaman yang diminta beserta isi halaman tersebut.
Kemudian browser menampilkan halaman web berdasarkan kode-kode HTML yang digunakan
pada halaman tersebut.
Setiap resource dapat diidentifikasi
dengan uniform resource identifier (URI). Dengan bantuan domain name system
(DNS), suatu uniform resource locator (URL) dapat diubah menjadi IP address.
DNS merupakan sistem penamaan hirarki untuk komputer-komputer dan
resource-resource yang ada di Internet.
B. EMAIL
Email
atau Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu
Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk
sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray
Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat
itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan
Amerika.
Awalnya
Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan
untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai
komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan
eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga
program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam
jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang
pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah
“QWERTYUIOP”.
Pada
tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah
user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Contoh
Alamat Email:
•
sahrudin : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin
dituju dalam mailserver
•
yahoo.com: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
•
yahoo: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu
komputer dalam lingkungan pemilik domain
•
com: menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial
(commercial)
Sebuah alamat e-mail terdiri atas
dua bagian seperti contoh di atas, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user
id (paksiman), yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini
dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga.
Sedangkan teks setelah lambang @ (yahoo.com) disebut domain name/hostname, yang
menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Kelebihan
Penggunaan Email
-
Nyaman
Untuk
mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang
terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan
sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel
dan PDA (Personal Assistant Data).
-
Cepat
Hanya
dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
-
Murah
Biaya
pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat,
terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
-
Hemat sumber daya
Kita
tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan
lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan
biaya.
-
Global
E-mail
bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana
komunikasi di seluruh penjuru dunia.
-
Reliabel
Kita
bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
-
Pesan multimedia
Pesan
yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa
gambar, foto, video, program, bahkan suara.
Kelemahan
Penggunaan E-Mail
-
Salah kirim
Bila
sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada
kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
-
Rawan penyadapan
Ada
kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan
kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
-
Pemalsuan identitas
Kita
tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail
yang dimilikinya.
-
Kebanjiran e-mail
Hal
ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
-
Sampah e-mail
Banyak
sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak
kita harapkan.
-
Respon terlambat
-
Tidak semua orang membaca e-mail setiap
hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
C. SEARCH ENGINE
Pengertian
Search Engine
Mesin pencari web atau yang lebih
dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang
dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. Berbeda
halnya dengan direktori web (seperti dmoz.org) yang dikerjakan oleh manusia
untuk mengelompokkan suatu halaman informasi berdasarkan kriteria yang ada, web
search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.
Cara
Kerja Search Engine
Mesin pencari web bekerja dengan
cara menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari
www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu
dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil
dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang
halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian
selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau
sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman
web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi
mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci,
mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai
dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan
terkadang sebagian teksnya.
Mesin pencari lain yang menggunakan
proses real-time, seperti Orase, tidak menggunakan indeks dalam cara kerjanya.
Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian
baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan
mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal
seperti informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada broken link, dan lebih
sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan (Google menggunakan hampir 100.000
komputer, Orase hanya satu.). Tetapi, ada juga kelemahannya yaitu pencarian
lebih lama rampungnya.
Jenis-Jenis
Search Engine:
1. Human
Organized Search Engine
Mesin pencari yang di kelola
sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini menggunakan metode dengan
memilah-milih informasi yang relevan dan dikelompokan sedemikian rupa sehingga
lebih bermakna dan bermanfaaat bagi penggunannya. Situs ini dalam prakteknya
memperkerjakan para pakar dalam bidang-bidang tertentu, kemudian para pakar
tersebut dapat mengkelompokan situs-situs tertentu sesuai dengan bidangnnya atau
kategori situs itu sendiri.
2. Computer
Created Search Engine
Search engine kategori ini banyak
memiliki kelebihan karena banyak menyajikan inforrmasi, walaupun kadang-kadang
ada beberapa informasi yang tidak relevan. Search engine ini telah menggunakan
software spider yang berfungsi menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian
mengunpulkan data serta mengelompokan dengan sedikit bantuan tangan manusia.
3. Hybrid
Seacrh Engine
Merupakan gabungan antara tangan
manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relative
akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai penelaah dalam proses
pengkoleksian database halaman web.
4. MetaCrawler/Metasearch
Merupakan perantara dari mesin
pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian
ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layer browser
sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari ber bagai mesin pencari yang
ada.
Contoh-contoh
search engine :
1.
Google
2.
Yahoo
3.
MSN
4.
Bing
5.
Alltheweb
6.
Askjeeves
7.
Altavista
D. BROWSER
Pengertian browser adalah perangkat
lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen
yang disediakan oleh server. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan
belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya
menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti
video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola
HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang
informative. Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat
mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah.
Pengertian browser tersebut sejalan
dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau
membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai
“perambah”.
Pengertian
Browser Menurut Para Ahli
-Gustaf
Pahala Frans
Browser merupakan aplikasi yang
digunakan untuk mengoperasikan internet, terutama sebagai media untuk melakukan
browsing, surfing, dan melakukan aktivitas di dunia maya lainnya
-Lia
Kuswayatno Dkk
Browser merupakan perangkat lunak
yang digunakan untuk membuka website dengan cara mengisi alamat situs tersebut
pada kotak address
Untuk setiap jenis web browser bisa
memiliki perbedaan, kelebihan serta kekurangan masing-masing. Ini disebabkan
produsen atau perusahaan yang mengembangkan browser tersebut.
Berikut
adalah beberapa web browser terbaik yang paling banyak dipakai di dunia saat
ini:
1. Firefox
Mozilla
Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai
Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan
oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.
2. Google
Chrome
Google
Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh
Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya
sendiri dinamakan Chromium.
3. Internet
Explorer
Internet
Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang
gratis dari Microsoft.
4. Opera
Opera
adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform.Opera
terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web,
serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik.
5. Safari
Safari
adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus
bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan
penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v1
E. CHATTING
Chatting adalah suatu feature /
program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung
sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama - sama menggunakan
Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat).
Anda dapat mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang
online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara,
demikian seterusnya, itulah proses terjadinya sosialisasi Chatting.
Fungsi
dari Chatting
1.
Chatting di internet memiliki banyak manfaat dalam hal membuka diri kita untuk
mencari teman baru di seluruh dunia dan belajar tentang kebudayaan baru, juga
dapat menjadi alat yang sangat efisien dalam pemasaran atau periklanan,
khususnya bagi sebuah usaha, baik kecil, menengah dan juga usaha besar.
2.
Mengetik dalam pesan Chating dapat berguna, terutama jika Anda tidak ingin
orang lain mendengar percakapan anda.
3.
Melalui sarana Chating anda dengan mudah berkirim informasi dengan cepat serta
dengan biaya yang sangat efisien.
ETIKA
BERCHATTING
a)
Harus Sopan, siapa pun teman atau partner chatting kita, mengenalnya atau
tidak, jangan sampai kita memperlakukan teman chatting dengan tidak sopan,
seperti mengetikkan kata - kata porno atau kata - kata yang kasar (S.A.R.A)
atau tidak pantas lainnya.
b)
Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan teman chatting sehingga dia tidak mau
melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh
memaksanya .ntuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
c)
Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali
untuk hal-hal yang menyangkut privasi/ pribadi), karena hal ini akan membuat
teman chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau
seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan
menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Sebagaimana sering
kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya,
seperti umur, status, atau perkerjaan.
d)
Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun teman chatting keliatan online,
belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa
tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita
tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus
menerus.
e)
Jangan pernah membawa Suku, Agama, Ras dan Antar Kelompok (S.A.RA) karena hal
ini sangat sensitif yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak
akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
f)
Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat
chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban atau sopan. Pada setiap
perjumpaan kita bisa mengetikkan “selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu
Anda kembali”, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal,
bye, atau sampai ketemu lagi.
g)
Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (Kapital) karena hal ini mengandung arti
teriakan ataupun sehingga dapat membuat partner chatting marah atau
tersinggung.
h)
Aktifkan status offline (Log Out), hal ini dapat menjadi alternatif jika Anda
sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.
i)
Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak
ingin dikatakan tidak serius oleh teman chatting Anda, karena harus melayani
banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas
pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.
j)
Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin
meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.
k)
Jika Anda salah masuk (Room) dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan
sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda
sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari
room tersebut.
l)
Selain etika (Netiqutte) chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips
chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di
bawah ini. Gunakanlah nickname yang baik dan sopan. Jangan menggunakan nama
asli sebagai nickname Anda.
m)
Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum
Anda kenal sama sekali.
n)
Jika Anda menggunakan webcam (Kamera Video), jangan sembarangan memberi izin
kepada chatter yang tidak Anda kenal.
o)
Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan
baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
p)
Jika harus melakukan copy darat (Ketemu), pastikan Anda tidak sendirian, hal
ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
q)
Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak
sopan
F. NETIQUETTE
Pengertian Netiquette
Netiquette atau Network Etiquette
adalah etika dalam berinternet. Selain didunia nyata orang–orang juga dapat
berinteraksi melalui internet, etika dan peraturan yang disepakati bersama
harus diikuti. Alasan netiquette dibuat karena internet merupakan salah satu
bentuk komunikasi yang sering orang gunakan dan pada dasarnya netiquette
merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku atau aturan sesuai dengan
kaidah normatif di lingkungan internet. Dengan mematuhi peraturan ini, akan
menimbulkan manfaat dan membantu pengguna internet dalam berkomunikasi dan
berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus
menimbulkan salah paham.
Beberapa
aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya
adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer
anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall. Jangan terlalu mudah
percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi
anda dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah
dijamin keamanannya.
Dan
yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana
yaitu,:
a. jangan
biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan
berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan
melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan
berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang
sebenarnya terbatas.
·
Flaming
Adalah sebuah tindakan provokasi
atau mengejek, melakukan penghinaan terhadap seseorang atau sebuah komunitas yang
menyinggung pengguna internet lain yang dapat menimbulkan pertengkaran di
sosial media.
·
Trolling
Trolling adalah sebuah pesan atau
komentar yang sering digunakan oleh pengguna internet yang bertujuan untuk
membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lain, biasanya
sering digunakan dalam debat-debat, memojokkan lawan diskusi bahkan untuk
mereka yang tidak tahu etika dalam menggunakan internet.
Seorang
user bisa dianggap TROLL apabila:
–
punya banyak account utk melakukan kecurangan, seperti permainan poin, memberi
vote terhadap jawaban yg tidak masuk akal, juga penilaian (entah itu TU ataupun
TD)
–
membuat resah user lain, misalnya dengan melapor penyalahgunaan yang padalah
postingan si user tsb tidak mengandung unsur pelanggaran
·
Junking
Junking
adalah kata-kata yang tidak berguna dan diposting kedalam sebuah mediasosial.
G. KOMUNITAS-KOMUNITAS ONLINE
Menurut Ferguson et al., 2004,
komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk
berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal
memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang
menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan
sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada
penghuninya.
Macam-Macam
Komunitas Online
Macam-macam komunitas online itu
seperti membuat situs jejaring sosial, dan forum. Banyak perusahaan E-Commerce
yang telah sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena membangun
komunitas online, seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dll.
Komunitas online di Indonesia sangat
beragam , mulai dari profesional , penggemar kuliner, sampai para pekerja IT.
Pekerja IT memang wajar jika memiliki dunia online sebab dunia internet
merupakan dunia yang akrab bagi mereka.
Di Indonesia, ternyata banmyak juga
komunitas online yang bidangnya sangat jauh dari dunia teknologi informasi dan
komunikasi, misalnya dunia kewirausahaan, penulisan, pembelajaran,dan
sebagainya.
Komunitas
Online dan Perananannya dalam Masyarakat
Di era internet siapapun bisa
membuat dan menyebarkan informasi. Namun sepenting apapun informas itu,bila
hanya disuarakan satu orang onliner tentu saja gaungnya tidak akan kedengaran.
Disinilah peran sebuah komunitas online diperlukan. Sebuah informasi bila
disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas Online tentu gaungnya akan besar
terdengar,yang bisa menarik perhatian media mainstream maupun pemerintah.
Setelah diberitakan oleh media mainstream tentunya informasi penting yang
digaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang.
Komunitas online juga dapat
membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang
dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang
nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat.
Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet
sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan
kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk
disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media yang digunakan oleh
komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan
ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah
yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media
membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang
berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri
kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam
hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung
Bibit-Chandra..
Ada
beberapa fakta unik tentang komunitas internet, diantaranya:
- Komunitas internet beranggotakan berbagai orang yang memiliki kesamaan minat, misalnya fotografi. Mereka yang tergabung dalam komunitas fotografi ini saling bertukar pikiran dan informasi di dalamnya
- Pembicaraan yang berlangsung terus menerus di dalam komunitas internet ini sering kali menimbulkan kedekatan hati walaupun masing-masing belum bertemu muka, sehingga berawal dari kedekatan tersebut dapat terjadi hubungan yang lebih serius
- Komunitas internet sering dijadikan ajang tempat pencarian jodoh atau hanya sekedar teman tapi mesra (ini merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai). Salah satu komunitas seperti ini adalah facebook.
- Komunitas internet terbukti telah menjadi sebuah pasar online, tempat bertemunya para pedagang dan pembeli. Biasanya media yang digunakan adalah facebook. Para penjual dapat memposting produk yang dijualnya atau hanya menginformasikan keberadaan berandanya kepada orang-orang yang terhubung dengannya. Transaksi selanjutnya biasanya dilakukan via inbox
- Keberadaan komunitas internet telah menjadikan jarak seolah tiada. Kapanpun dan dimana pun kita dapat terhubung langsung.
- Komunitas internet telah menjadi sebuah wadah pembelanjaran yang mampu memperluas wawasan dan menambah pengetahuan. Membantu para anggotanya untuk menjadi insan yang berkualitas.
- Hal yang perlu diwaspadai adalah komunitas internet saat ini sering dijadikan sebagai ajang untuk menjerat mangsa, dan melakukan tindak penipuan dengan dalih toko online. Menculik gadis-gadis dibawah umur untuk diperdaya atau bahkan dijual. Biasanya aksi dilakukan saat kopi darat.
- Komunitas internet tak jarang dijadikan sebagai wadah untuk mengumbar sensualitas dengan postingan-postingan yang vulgar dan kalimat menggoda. Biasanya menggunakan nama yang berbau porno contohnya adalah “BOKEP”, “Gadis Kesepian” dan sebagainya.
- Fakta unik tentang komunitas internet yang tak kalah menarik adalah, komunitas internet telah menjadi lapangan kerja baru bagi sebagian besar orang tanpa perlu keluar rumah.
Referensi:
0 komentar:
Posting Komentar