RSS

#Pinternet: Penjelasan Tentang Hal-Hal yang Berhubungan dengan Internet


A. WWW
            WWW atau World Wide Web merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi yang dapat digunakan bersama-sama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet, dimana para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video maupun animasi.
            WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya beliau hanya ingin menemukan cara bagaimana untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi dimana Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire.
            WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN) Jenewa Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
            Jaringan server-server berperan sebagai tulang punggung (backbone) untuk World Wide Web. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) digunakan untuk mengakses web. Web browser mengirim permintaan (request) untuk mendapatkan suatu halaman tertentu kepada web server, yang kemudian membalas dengan halaman yang diminta beserta isi halaman tersebut. Kemudian browser menampilkan halaman web berdasarkan kode-kode HTML yang digunakan pada halaman tersebut.
            Setiap resource dapat diidentifikasi dengan uniform resource identifier (URI). Dengan bantuan domain name system (DNS), suatu uniform resource locator (URL) dapat diubah menjadi IP address. DNS merupakan sistem penamaan hirarki untuk komputer-komputer dan resource-resource yang ada di Internet.

B. EMAIL
            Email atau Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
            Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
            Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Contoh Alamat Email:
• sahrudin : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver
• yahoo.com: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
• yahoo: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain
• com: menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial (commercial)
            Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (yahoo.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Kelebihan Penggunaan Email
-          Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
-          Cepat
Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
-          Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
-          Hemat sumber daya
Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
-          Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
-          Reliabel
Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
-          Pesan multimedia
Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
Kelemahan Penggunaan E-Mail
-          Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
-          Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
-          Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
-          Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
-          Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
-          Respon terlambat
-          Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.

C. SEARCH ENGINE
Pengertian Search Engine
            Mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. Berbeda halnya dengan direktori web (seperti dmoz.org) yang dikerjakan oleh manusia untuk mengelompokkan suatu halaman informasi berdasarkan kriteria yang ada, web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.
Cara Kerja Search Engine
            Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
            Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.
            Mesin pencari lain yang menggunakan proses real-time, seperti Orase, tidak menggunakan indeks dalam cara kerjanya. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal seperti informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada broken link, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.). Tetapi, ada juga kelemahannya yaitu pencarian lebih lama rampungnya.
Jenis-Jenis Search Engine:
1.      Human Organized Search Engine
            Mesin pencari yang di kelola sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini menggunakan metode dengan memilah-milih informasi yang relevan dan dikelompokan sedemikian rupa sehingga lebih bermakna dan bermanfaaat bagi penggunannya. Situs ini dalam prakteknya memperkerjakan para pakar dalam bidang-bidang tertentu, kemudian para pakar tersebut dapat mengkelompokan situs-situs tertentu sesuai dengan bidangnnya atau kategori situs itu sendiri.
2.      Computer Created Search Engine
            Search engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan inforrmasi, walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tidak relevan. Search engine ini telah menggunakan software spider yang berfungsi menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian mengunpulkan data serta mengelompokan dengan sedikit bantuan tangan manusia.
3.      Hybrid Seacrh Engine
            Merupakan gabungan antara tangan manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relative akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai penelaah dalam proses pengkoleksian database halaman web.
4.      MetaCrawler/Metasearch
            Merupakan perantara dari mesin pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layer browser sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari ber bagai mesin pencari yang ada.
Contoh-contoh search engine :
1. Google
2. Yahoo
3. MSN
4. Bing
5. Alltheweb
6. Askjeeves
7. Altavista

D. BROWSER
            Pengertian browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative. Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah.
            Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah”.
Pengertian Browser Menurut Para Ahli
-Gustaf Pahala Frans
            Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan internet, terutama sebagai media untuk melakukan browsing, surfing, dan melakukan aktivitas di dunia maya lainnya
-Lia Kuswayatno Dkk
            Browser merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuka website dengan cara mengisi alamat situs tersebut pada kotak address
            Untuk setiap jenis web browser bisa memiliki perbedaan, kelebihan serta kekurangan masing-masing. Ini disebabkan produsen atau perusahaan yang mengembangkan browser tersebut.
Berikut adalah beberapa web browser terbaik yang paling banyak dipakai di dunia saat ini:
1.      Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

2.      Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.
3.      Internet Explorer
Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft.
4.      Opera
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform.Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik.
5.      Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v1

E. CHATTING

            Chatting adalah suatu feature / program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama - sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda dapat mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya, itulah proses terjadinya sosialisasi Chatting. 
Fungsi dari Chatting
1. Chatting di internet memiliki banyak manfaat dalam hal membuka diri kita untuk mencari teman baru di seluruh dunia dan belajar tentang kebudayaan baru, juga dapat menjadi alat yang sangat efisien dalam pemasaran atau periklanan, khususnya bagi sebuah usaha, baik kecil, menengah dan juga usaha besar.
2. Mengetik dalam pesan Chating dapat berguna, terutama jika Anda tidak ingin orang lain mendengar percakapan anda.
3. Melalui sarana Chating anda dengan mudah berkirim informasi dengan cepat serta dengan biaya yang sangat efisien.
ETIKA BERCHATTING  
a)      Harus Sopan, siapa pun teman atau partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan teman chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata - kata porno atau kata - kata yang kasar (S.A.R.A) atau tidak pantas lainnya.
b)      Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan teman chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya .ntuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
c)      Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi/ pribadi), karena hal ini akan membuat teman chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Sebagaimana sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.
d)     Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun teman chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
e)      Jangan pernah membawa Suku, Agama, Ras dan Antar Kelompok (S.A.RA) karena hal ini sangat sensitif yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
f)       Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban atau sopan. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan “selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali”, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
g)      Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (Kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan ataupun sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
h)      Aktifkan status offline (Log Out), hal ini dapat menjadi alternatif jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.
i)        Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh teman chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.
j)        Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.
k)      Jika Anda salah masuk (Room) dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.
l)        Selain etika (Netiqutte) chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini. Gunakanlah nickname yang baik dan sopan. Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
m)    Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
n)      Jika Anda menggunakan webcam (Kamera Video), jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
o)      Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
p)      Jika harus melakukan copy darat (Ketemu), pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
q)      Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan


F. NETIQUETTE
Pengertian Netiquette
            Netiquette atau Network Etiquette adalah etika dalam berinternet. Selain didunia nyata orang–orang juga dapat berinteraksi melalui internet, etika dan peraturan yang disepakati bersama harus diikuti. Alasan netiquette dibuat karena internet merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sering orang gunakan dan pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku atau aturan sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan internet. Dengan mematuhi peraturan ini, akan menimbulkan manfaat dan membantu pengguna internet dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus menimbulkan salah paham. 
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
            Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
Dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a.       jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b.      jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c.       jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.

·         Flaming
            Adalah sebuah tindakan provokasi atau mengejek, melakukan penghinaan terhadap seseorang atau sebuah komunitas yang menyinggung pengguna internet lain yang dapat menimbulkan pertengkaran di sosial media.
·         Trolling
            Trolling adalah sebuah pesan atau komentar yang sering digunakan oleh pengguna internet yang bertujuan untuk membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lain, biasanya sering digunakan dalam debat-debat, memojokkan lawan diskusi bahkan untuk mereka yang tidak tahu etika dalam menggunakan internet.
Seorang user bisa dianggap TROLL apabila:
– punya banyak account utk melakukan kecurangan, seperti permainan poin, memberi vote terhadap jawaban yg tidak masuk akal, juga penilaian (entah itu TU ataupun TD)
– membuat resah user lain, misalnya dengan melapor penyalahgunaan yang padalah postingan si user tsb tidak mengandung unsur pelanggaran
·         Junking
Junking adalah kata-kata yang tidak berguna dan diposting kedalam sebuah mediasosial.

G. KOMUNITAS-KOMUNITAS ONLINE
            Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
            Macam-Macam Komunitas Online
            Macam-macam komunitas online itu seperti membuat situs jejaring sosial, dan forum. Banyak perusahaan E-Commerce yang telah sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena membangun komunitas online, seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dll.
            Komunitas online di Indonesia sangat beragam , mulai dari profesional , penggemar kuliner, sampai para pekerja IT. Pekerja IT memang wajar jika memiliki dunia online sebab dunia internet merupakan dunia yang akrab bagi mereka.
            Di Indonesia, ternyata banmyak juga komunitas online yang bidangnya sangat jauh dari dunia teknologi informasi dan komunikasi, misalnya dunia kewirausahaan, penulisan, pembelajaran,dan sebagainya.

Komunitas Online dan Perananannya dalam Masyarakat
            Di era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan informasi. Namun sepenting apapun informas itu,bila hanya disuarakan satu orang onliner tentu saja gaungnya tidak akan kedengaran. Disinilah peran sebuah komunitas online diperlukan. Sebuah informasi bila disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas Online tentu gaungnya akan besar terdengar,yang bisa menarik perhatian media mainstream maupun pemerintah. Setelah diberitakan oleh media mainstream tentunya informasi penting yang digaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang.
            Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
            Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung Bibit-Chandra..
Ada beberapa fakta unik tentang komunitas internet, diantaranya:
  1. Komunitas internet beranggotakan berbagai orang  yang memiliki kesamaan minat, misalnya fotografi.  Mereka yang tergabung dalam komunitas fotografi ini saling bertukar pikiran dan informasi di dalamnya
  2. Pembicaraan yang berlangsung terus menerus di dalam komunitas internet ini sering kali menimbulkan kedekatan hati walaupun masing-masing belum bertemu muka, sehingga berawal dari kedekatan tersebut dapat terjadi hubungan yang lebih serius
  3. Komunitas internet sering dijadikan ajang tempat pencarian jodoh atau hanya sekedar teman tapi mesra (ini merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai).  Salah satu komunitas seperti ini adalah facebook.
  4. Komunitas internet terbukti telah menjadi sebuah pasar online, tempat bertemunya para pedagang dan pembeli.  Biasanya media yang digunakan adalah facebook.  Para penjual dapat memposting produk yang dijualnya atau hanya menginformasikan keberadaan berandanya kepada orang-orang yang terhubung dengannya.  Transaksi selanjutnya biasanya dilakukan via inbox
  5. Keberadaan komunitas internet telah menjadikan jarak seolah tiada.  Kapanpun dan dimana pun kita dapat terhubung langsung.
  6. Komunitas internet telah menjadi sebuah wadah pembelanjaran yang mampu memperluas wawasan dan menambah pengetahuan.  Membantu para anggotanya untuk menjadi insan yang berkualitas.
  7. Hal yang perlu diwaspadai adalah komunitas internet saat ini sering dijadikan sebagai ajang untuk menjerat mangsa, dan melakukan tindak penipuan dengan dalih toko online. Menculik gadis-gadis dibawah umur untuk diperdaya atau bahkan dijual.  Biasanya aksi dilakukan saat kopi darat.
  8. Komunitas internet tak jarang dijadikan sebagai wadah untuk mengumbar sensualitas dengan postingan-postingan yang vulgar dan kalimat menggoda.  Biasanya menggunakan nama yang berbau porno contohnya adalah “BOKEP”, “Gadis Kesepian” dan sebagainya.
  9. Fakta unik tentang komunitas internet yang tak kalah menarik adalah, komunitas internet telah menjadi lapangan kerja baru bagi sebagian besar orang tanpa perlu keluar rumah.
Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Seru Sharing Ilmu. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy